sponsor

Jumat, 19 Februari 2021

 TRIK BISNIS TANPA MODAL


Assalamualaikum wr.wb

Selamat beraktifitas, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan dalam lindungan Allah YME.  Sudah lama sekali rasanya saya tidak menjumpai para pembaca untuk menulis pengalaman hidup saya dalam meniti karir ataupun dalam hal pekerjaan yang saya geluti.

Hidup hanyalah sebentar saja, mumpung masih dikasih umur, yuk saya mengajak diri saya dan saudara untuk selalu bersyukur dan beribadah sesuai dengan keyakinan kita. Semoga Allah meridhoi kita. Aamiin YRA.

Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman , yang mungkin akan menjadi amal baik saya nantinya, hehehe...., atau bermanfaat untuk kita semua.

Saya ada sedikit cerita, waktu itu saya masih bekerja di perusahaan yg bonafid ya iya "Bonafid" perusahaan TBK. Saya mendapatkan gaji yang lumayan lebih dari cukup untuk memenuhi kehidupanku. Tapi saya merasa kurang bahagia, karena berbagai tekanan pekerjaan yang menurut saya , bila saya teruskan akan menjadi gila atau stress berat.

Sambil saya bekerja, saya berfikir untuk keluar dari zona itu, pokoknya saya harus keluar , tapi dengan syarat saya harus memiliki usaha dengan sedikit / minim modal atau bahkan tanpa Modal.

Saya berfikir keras, dan terus berfikir untuk menjalankan usaha/bisnis yg tanpa modal. Setiap hari saya selalu mencari ide dan cara tersebut, kira-kira adakah usaha/bisnis yang tanpa atau minim modal????

Waktu itu jam makan siang telah tiba, saya keluar dari kantor, keliling ke komplek pergudangan, saya melihat beberapa mobil pengangkut sampah yang sedang membawa harta karun (berupa kardus bekas) full dalam mobil. Saya perhatikan, ternyata bukan hanya kardus saja, tapi berbagai barang bekas/rongsokan. Saya melihat mobil tersebut berjalan dari gudang satu ke gudang yang lainya untuk mengumpulkan barang bekas tersebut.

Akhirnya  saya berfikir untuk menjalankan usaha tersebut, tapi ternyata banyak juga modalnya. Akhirnya  saya coret ide tersebut dan saya mencari ide yang lainnya.

Hari demi hari telah saya lalui, setiap jam istirahat siang selalu saya manfaatkan untuk keliling mencari ide usaha / bisnis, Eh pada suatu saat, saya ketemu temen lama yang bekerja di pergudangan. Saya langsung temui hanya sekedar ngobrol , apa kabarnya? dst. Nah didepan saya terdapat banyak tumpukan kayu bekas di gudangnya, dan saya bertanya ? untuk apa kayu itu di tumpuk? terus temen saya bilang mau di buang ke TPA tapi bayar. Jadi temen saya menawarkan kayu tersebut kepada saya "gratis" katanya.

Kemudian saya pamit, jalan lagi untuk mencari tempat makan siang yg enak. Akhirnya ketemulah Rumah Makan Padang. Saya duduk sambil menunggu pesanan makan siang di hidangkan , saya melihat pegawai Rumah Makan tersebut sedang membawa kayu bakar utk di bawa kedapur.

Setelah  pesanan makan siang saya datang, saya langsung lahap memakannya, ternyata masakannya cocok di lidah saya. sambil saya berfikir untuk menanyakan kepada pemilik Rumah Makan, apakah kira-kira membutuhkan kayu bakar?

Ternyata setelah makan selesai, saya langsung kekasir untuk membayar makanan yg sudah saya makan. Setelah saya bayar, saya menanyakan pemilik Rumah makan untuk menawarkan kayu bakar yang sudah saya foto di hp sebelumnya.

Nah ternyata pemilik Rumah Makan tersebut berminat, dan langsung menanyakan harga permobil Truck. Saya tawarkan 600ribu permobil truck, tapi pemilik rumah makan tersebut menawar 450ribu. Harga Deal, terus pemilik RM tsb saya antarkan ke tempat kayu bakar tersebut dengan membawa satu buah truck. Setelah sampai ditempat, dibantu oleh temen saya dengan menggunakan alat berat "Forklip" akhirnya selesai di muat.

Setelah muat selesai, saya dikasih uang 450ribu sesuai harga yang disepakati sebelumnya. dan saya mendapatkan kayu tersebut gratis tisss. Malah temen saya berterimakasih dengan saya , karena tidak perlu membuang sampah tersebut ke TPA. Jadi gak perlu keluar uang untuk membuangnya.


Inilah sedikit pengalaman saya, yg mungkin bisa dipetik hikmahnya. ternyata bisnis / usaha tidak harus menggunakan modal yang banyak. Tapi hanya memakai fikiran, otak dan sedikit tenaga.

Semoga bermanfaat

silahkan yang ada pengalaman boleh di share



 




Tidak ada komentar: